apa itu islam

Dzolim

” Dzolim “
Penulis : Ust. Fikrul Hafidz
Sumber : Buletin Dakwah At-Ta’lim

Diantara bentuk perbuatan yang dilaranhg oleh Allah Ta’ala dan juga Dia haramkan untuk melakukannya adalah perbuatan Dzolim. Selain terlarang dan dan diharamkan, perbuatan ini juga akan mendatangkan balasan bagi pelakunya baik itu balasan didunia ataupun di akhirat, atau bahkan bias pula pada keduanya.
Rosulullah shollalahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits qudsi bahwasanya Allah ‘azza wa jalla berfirman:
“Wahai hamba hamba-Ku, sungguh telah aku haramkan kedzoliman atas diri-Ku dan Ku jadiikan kedzoliman diantara kalian. Maka janganlah kalian saling berbuat kedzoliman”
(HR. Muslim).
Dan berkenan deengan balasan bagi orang-orang yang berbuat dzolim maka Allah berfirman :

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ ۚ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ

“Dan janganlah engkau mengira bahwa Allah lengah terhadap apa yang diperbuat oleh orang-orang yang dzolim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) menjadi terbelalak” (QS Ibrohim : 42)

Jenis-Jenis Kedzoliman

  • Kedzoliman seseorang terhadap dirinya.
    Dengan melakukan perbuatan kesyirikan, dan kekufuran. Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

“orang-orang yang beriman dan tidak mencampur-adukkan keimanan mereka dengan kedzoliman, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (QS Al-An’am : 82)

  • Kedzoliman kepada sesama.
    Yaitu kedzoliman seseorang terhadap orang lain. Yang termasuk jenis kedzoliman ini adalah :
    Memakan harta orang lain dengan cara batil. Seperti : memakan harta anak yatim, tidak memberikan upah pekerja atau menguranginya tanpa alas an, mencuri, korupsi, riba, menipu (termasuk suap menyuap) dan lain lain. Allah berfirman :

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.”
(QS. Al-Baqoroh : 188)

Cepat atau lambat kedzoliman akan dibalas oleh sang Maha Perkasa. Jikalau sudah tiba waktunya Dia tidak akan membiarkan pelakunya begitu saja. Oleh karena itu bersegeralah duhai engkau orang yang berbuat dzolim untuk melepaskan dosa kedzoliman dengan bertaubat seraya memohon ampun kepada Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *