apa itu islam

KEUTAMAAN UMAR BIN KHATAB RADHIALLAHU ANHU

*KEUTAMAAN UMAR BIN KHATAB RADHIALLAHU ANHU* 
◼ *Dijamin Masuk Surga* 🌈
Diriwatkan dari Said bin Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kami berada di sisi Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_, beliau bersabda,
“Sewaktu tidur, aku bermimpi aku sedang berada di surga. Kemudian aku melihat seorang wanita sedang berwudhu di samping sebuah istana (Surga)
Maka akupun bertanya, “Milik siapakah istana ini?” Dia menjawab, “Milik Umar.” Lalu aku teringat kecemburuan Umar, akupun menjauh (tidak memasuki) istana itu. Umar _radhialahu anhu_ menangis dan berkata, “Mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah.”
(HR. Bukhari Muslim)
◼ *Seseorang yang Mendapat Ilham*✨
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya di antara orang-orang sebelum kalian terdapat sejumlah manusia yang mendapat ilham . Apabila seorang umatku mendapatkannya, maka Umarlah orangnya.”
(HR.Muslim)
◼ *Setan Takut kepada Umar* 💨
Sa’ad bin Abi Waqqash pernah bercerita, suatu hari Umar pernah meminta izin untuk masuk dan bertemu dengan Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_, sedangkan di sisi beliau ada para wanita Quraisy yang sedang berbicara kepadanya, meminta darinya lebih banyak dan mengangkat suara lebih tinggi dari suara Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_.
Saat Umar meminta izin untuk masuk, tiba-tiba para wanita itu segera merapikan hijab, setelah Rasululah _Shallallahu Alaihi Wasallam_ memberi izin, masuklah Umar dan terlihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tertawa.
Umar berkata, “Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah membuatmu tertawa, wahai Rasulullah.”
Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_ berakata, “Saya heran melihat tingkah para wanita itu, ketika mereka mendengar suaramu lantas buru-buru mereka merapikan hijab.”
Lalu Umar mengatakan kepada para wanita tersebut, “Wahai para musuh jiwa-jiwa kalian, apakah kalian segan kepadaku sedangkan kalian tidak segan kepada Rasulullah _Shallallahu ALaihi Wasallam?_”
Mereka menjawab, “Iya, karena engku lebih keras dibandingkan dengan Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_”
Maka Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_ berkata,
 “Wahai Ibnul Khathab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah setan bertemu denganmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambi jalan yang lain dari jalanmu.”
(HR.Bukhari Muslim)
◼ *Tegas Menegakkan Agama Allah* 🌹
Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_ bersabda,
“Umatku yang paling penyayang adalah Abu Bakar dan yang paling tegas dalam menegakkan agama Allah adalah Umar.”
(HR. Tirmidzi dalam Al-Manaqib, hadist no.3791)
◼ *Umar Asy Syahid*
Diriwayatkan Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah _Shallallahu Alaihi Wasallam_ menaiki gunung Uhud beserta Abu Bakar, Utsman, dan Umar. Lalu tiba-tiba gunung itu bergoncang, segera Rasulullah memukul kakinya dan berkata,
“Diamlah wahai Uhud sesungguhnya di atasmu hanyalah seorang Nabi, seorang Shiddiq dan dua orang Syahid.”
(HR. Bukhari No.3686)
(Disarikan dari buku “Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khathab radhiallahu anhu” halaman 75-87
Oleh : Ustadz Fariq Gasim Anuz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.