Profil Ailatv

Latar Belakang

Cirebon merupakan kota yang cukup pesat perkembangannya saat ini, baik dilihat dari dimensi geografis, sosiologis, ekonomis dan teknologis. Dengan lokasi yang sangat strategis, yakni terletak di Pantura perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Cirebon sebagai kota religius sangat membutuhkan tv hiburan rohani Islam yang akan mendukung proses pembangunan dengan pembinaan akidah yang lurus dan akhlak yang mulia.

Trend beberapa dasawarsa terakhir ini menunjukkan bahwa tv telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk mendengarkan siaran dakwah. Hanya saja hingga saat ini proporsi siaran dakwah masih relatif kecil dibandingkan dengan total program yang disiarkan oleh tv-tv yang ada. Artinya, hingga saat ini masih sangat sedikit ditemukan tv yang terfokus di bidang dakwah dan hiburan rohani Islam. Keadaan ini merupakan peluang bagi bisnis penyiaran sekaligus pahala untuk dikembangkannya bisnis tv pada segmentasi hiburan rohani Islam.

Ditinjau dari sudut pandang lain, pengembangan tv hiburan rohani Islam juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya cita-cita Cirebon sebagai Kota Wali, dimana pada salah satu misinya adalah untuk menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa. Kehadiran tv ini juga diharapkan dapat membangun image (city-branding) bahwa Cirebon adalah kota yang juga menyemaikan semangat religis masyarakatnya untuk kembali kepada ajaran Islam. Sebagai tv yang lebih dominan program di bidang hiburan rohani Islam, terobosan ini merupakan sesuatu yang termasuk langka dan unik.

Maksud Pendirian

Maksud didirikannya Ailatv yang fokus di bidang hiburan rohani Islam adalah untuk merespon peluang iklan bisnis dan dakwah yaitu sebagai media bagi penyebarluasan dakwah Islam yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dengan lebih mudah, lebih murah dan berkualitas. Selain itu maksud yang lainnya adalah sebagai wadah bagi para pengusaha / investor untuk mempromosikan usaha dan bisnisnya kepada seluruh pendengar setia, dan sebagai sarana untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai macam peraturan, informasi dan sebagainya yang berhubungan dengan pemerintah.

Tujuan Pendirian

Tujuan didirikannya Ailatv adalah sebagai berikut :

Tujuan Umum

  1. Terwujudnya masyarakat Cirebon yang lebih cerdas, memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat.
  2. Berpartisipasi untuk terwujudnya sukses penyelenggaraan pembangunan di Kota Cirebon.
  3. Dalam bidang sosial, membantu pemerintah kota Cirebon dan dinas-dinas yang terkait dalam penyebaran informasi/sosialisasi, dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Tujuan Khusus

  1. Menangkap peluang bisnis periklanan dalam segmen hiburan rohani Islam.
  2. Menyiarkan Pendidikan Islam sebagai media pembinaan positif bagi generasi muda.
  3. Terbendungnya secara maksimal pengaruh negatif perkembangan yang terjadi di dunia luar terhadap masyarakat Kota Cirebon.
  4. Menjadikan Ailatv sebagai wadah bagi pengusaha/investor untuk mempromosikan bisnis dan usaha.
  5. Menyampaikan informasi & berita kepada publik, baik dibidang pemerintah, sosial, bisnis, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di kota Cirebon dan sekitarnya.

Visi Ailatv

Visi Ailatv adalah sebagai berikut :

“MENJADI TV DENGAN SEGMENTASI HIBURAN ROHANI ISLAM YANG KONSISTEN, PROFESSIONAL, TERKEMUKA,  DAN  MANDIRI SERTA MENJADI RADIO ALL IN ONE CHANNEL (DAKWAH, NEWS, SOCIAL, BUSINESS AND ISLAMIC EDUCATION)”

Misi Ailatv

Misi Ailatv adalah sebagai berikut :

  1. Membantu terwujudnya cita-cita Cirebon menjadi Kota Wali yang agamis dengan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.
  2. Mendorong para pengusaha dan pelaku bisnis yang mampu membawa Cirebon menjadi pusat perdagangan Jawa Barat.
  3. Menjadi media partner untuk penyampaian informasi yang positif kepada masyarakat.
  4. Menyajikan saluran hiburan yang positif bagi masyarakat muslim, khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

ASPEK PROGRAM SIARAN

Format Siaran

Ailatv adalah lembaga penyiaran tv swasta yang mempunyai format siaran sebagai tv dakwah dan hiburan rohani Islam (mulai 17 Agustus 2015) dan di lengkapi dengan format siaran khas dan unggulan lainnya berupa Hiburan Qur’ani, program untuk anak, program untuk remaja, berita/informasi layanan masyarakat, dialog interaktif (Talkshow), dll.

menjadi format siaran Dakwah dan Hiburan Rohani Islam dilakukan oleh Ailatv dengan alasan untuk menghadirkan nuansa baru bagi penyiaran tv di Wilayah Cirebon dan sekitarnya. Yang dimana masih sangat sedikit ditemukan tv yang terfokus di bidang dakwah dan hiburan rohani Islam khususnya di Cirebon. Itu artinya masih sangat terbuka peluang bisnis sekaligus pahala bagi bisnis penyiaran untuk dikembangkannya bisnis tv pada segmentasi dakwah dan hiburan rohani Islam di Cirebon.

Di bidang spritual dan keagamaan, Ailatv sangat konsisten dalam memberikan dan menyampaikan berbagai macam informasi keIslaman yang layak dan sangat diharapkan oleh masyarakat luas pada umumnya dan kaum muslimin pada khususnya. Dan dialog interaktif/talkshow merupakan suatu segmen yang sangat relevan dengan berbagai macam problem yang sering terjadi di masyarakat.

Di bidang pendidikan yaitu dengan menyiarkan bimbingan pendidikan untuk anak dan rumah tangga. Di bidang lain diselenggarakan acara-acara dalam bentuk talkshow, dll dengan mengundang pihak dari Pemerintah, Dinas-dinas, BUMN, Pengusaha, Investor, dan masyarakat umum.

Program unggulan lain di bidang hiburan rohani Islam, kami mempunyai program hiburan qalbu yaitu suatu acara yang menghibur sekaligus menentramkan hati pendengar dengan berbagai modifikasi acara dari lantunan pembacaan ayat Al Quran, serta tambahan acara di bidang Informasi dengan menyajikan berita dan peristiwa yang terjadi secara langsung dan melalui media lain  di kota Cirebon dan sekitarnya, baik lokal, nasional dan internasional.

__

Segmentasi Target Pendengar

Segmentasi target pendengar Ailatv adalah masyarakat luas yang beragama Islam yang didominasi keluarga muslim, para pelajar dan mahasiswa muslim di Kota Cirebon dan sekitarnya, juga kota – kota yang bersebelahan dengan Cirebon, seperti kab. Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu. nasional bahkan internasional.

Adapun  pangsa pasar Ailatv adalah :

  1. Para Pengusaha, Investor dan masyarakat pada umumnya yang  ingin mempromosikan usaha dan produk
  2. Pihak pemerintah yang ingin mensosialisasikan peraturan dan informasi terbaru kepada seluruh masyarakat (layanan masyarakat).

Penetapan pangsa pasar ini untuk memudahkan penyampaian informasi berupa materi seputar Islam yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas terutama masyarakat yang beragama Islam.

Tabel Penggolongan Isi Materi Siaran

No Materi Siaran Presentasi Jam Menit Keterangan
1 Agama  35.0 %  6.3  378  Perhari
2 Pendidikan  10.0 %  1.8  108  Perhari
3 Hiburan Islami  20.0 %  3.6  216  Perhari
4 Informasi & Berita  15.0 %  2.7  162  Perhari
 5 Iklan Komersial  15.0%  2.7  162  Perhari
 6  Acara Layanan Masyarakat  05.0%  0.9  54  Perhari
TOTAL 100.0 % 18 1080  Perhari

 

 

 

NAMA PERUSAHAAN:

PT. RADIO WAHANA BEWARA SUARA

PANGGILAN UDARA:

AILATV

FREKUENSI:

CALL SIGN:

IZIN STASIUN TV (IST):

IZIN PENYELENGGARAAN SIARAN(IPP):

REKENING

Bank Syariah Mandiri Cabang Cirebon

NO. REKENING :   7 7 3 0 0 0 1 1 1 2 

a.n Radio Kita FM Cirebon

 COVERAGE AREA : KOTA & KABUPATEN CIREBON.

OFFICE & STUDIO ADDRESS  :

JL.KALITANJUNG No. 52B KEL. KARYAMULYA,

KEC.KESAMBI KOTA CIREBON 45135

TELP. OFFICE : (0231) 488728

TELP. ON AIR  : (0231) 488281

SMS ON AIR/WHATSAPP :+62 896-3064-2866 

EMAIL  : aailatv@gmail.com

FACEBOOK   :  Aila.TV

INSTAGRAM : @ailatv

STRUKTUR ORGANISASI

DIREKTUR & GENERAL MANAGER : DIDING SOBARUDIN, A.Md.Kl

MANAGER TV : YASIN KOMARUDIN

GENERAL TEKNISI : ADHI MARTIN

PRODUCTION : MARKY IRWANTO

REPORTER : M. ABDUL CHAFID, S.Kl

STAFF TV : JOHAN bin THALHAH